Menganyam Tali Kebergantungan kepada Allah

rasanya hanya sekejap lupa dengan-Nya
terlempar bermil-mil

bahkan kadang kau lengah salahmu apa
hafalan tersekat
entah di akal, hati atau lisan

tahukah kau Embun, ayat-ayat itu milik siapa?

milik Allah
Dia yang Berkuasa mengaruniakan kita kemampuan untuk membaca
dan juga menghafalnya

dada bergemuruh

air mata sudah mengalir mengiringi hafalan beberapa surah
mungkin bukan karna panjang pendek suratnya
bukan juga karna kau sudah atau belum pernah menghafalnya
"Jadi, karna apa?" tanyamu

bergantung pada kadar ketergantunganmu pada Allah

bergantung pada kondisi imanmu

aku dengar kau bergumam, "Kenapa aku terhalang dari iman dan keikhlasan?"

bukankah Allah hanya ingin kau berjuang
mengingat-Nya, mendekati-Nya dan terus membaca kalam-Nya?
aku dengar kau bertanya lirih, "Penyakit hati itu dari nafsu diri atau dari syaitan?"
tampak kau amat menyesal telah kembali pada dirimu yang penuh kekurangan

kau berkata, bahwa yang menjadi titik kekuranganmu adalah

lemahnya kebergantunganmu pada Allah
kuatnya kebergantunganmu pada makhluk dan dunia
dan kuatnya kebergantunganmu pada dirimu sendiri

yuk belajar tawakkal ya, bersama tiap langkah ikhtiar

katakan pada-Nya
"Ya Allah, bersamai aku.
ajari aku cinta, harap, takut pada-Mu.
hanya labilnya hubunganku dengan-Mu lah yang meresahkan.
hanya kesia-siaan amalku lah yang aku takutkan.
hanya kedekatan pada-Mu lah yang aku butuhkan.
aku tahu, hidupku yang sesungguhnya adalah antara aku dan Engkau."

berdo'alah sebagaimana kekasih Allah berdo'a saudariku,

"Ya Allah, hanya rahmat-Mu yang kuharap,
maka janganlah engkau serahkan aku kepada diriku sendiri meski sekejap,
perbaiki semua urusanku, tidak ada ilah selain Engkau."

(HR. Abu Dawud, Ahmad, Ibnu Hibban)
 Source:http://gardapagi.blogspot.com
Share on Google Plus

About Admin

Penulis merupakan seorang pecinta drama korea dan jepang, menyukai beberapa musik KPOP dan JPOP, pembaca buku-buku self development dan paling suka makan perkedel kentang dan nasi goreng.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: